I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 25 April 2011

Ki Hajar Dewantara

 KI Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta tanggal 2 Mei 1889 adalah seorah tokoh pahlawan nasional yang mengabdi di dunia pendidikan,dia pernah sekolah di belanda (ELS) dan STOVIA,dia juga pernah menjadi wartawan di beberapa surat kabar di Indonesia,tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.

selain bekerja sebagai wartawan ia juga turut aktif dalam organisasi-organisasi sosial dan politik pada tahun 1908 ia aktif di propaganda Budi Oetomo untuk mensosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

ia mengkritik tulisan berjudul Als Ik Eens Nederlander Was (Seandainya Aku Seorang Belanda) dan Een voor Allen maar Ook Allen voor Een (Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk Satu Juga).Bersama rekan-rekan seperjuangannya, ia pun mendirikan sebuah perguruan yang bercorak nasional, Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa (Perguruan Nasional Tamansiswa) pada 3 Juli 1922. Perguruan ini sangat menekankan pendidikan rasa kebangsaan kepada peserta didik agar mereka mencintai bangsa dan tanah air dan berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.

 Hari lahirnya, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ajarannya yang terkenal ialah tut wuri handayani (di belakang memberi dorongan), ing madya mangun karsa (di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa), ing ngarsa sungtulada (di depan memberi teladan).

bangsa kita ini perlu loh mewarisi pemikirannya Ki Hajar Dewantara tentang tujuan pendidikan nasional tanpa membeda-bedakan bangsa,suku,ras,bahasa dan lain-lain kita kan juga harus ingat semboyan kita BHINEKA TUNGGAL IKA yang artinya "BERBEDA-BEDA TETAPI TETAP SATU" itu kan bisa jadi pedoman ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar